Senin, 25 April 2016

Mantapnya Sego Tumpang, Nasi Khas dari Boyolali

Makanan Khas Jawa Timur - Pasti saja tidak hanya populer bakal budayanya yang beraneka, Indonesia pula dikenal dapat kulinernya yang unik. Tiap-tiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas masing-masing. Misalnya saja Boyolali. Kota di jateng ini populer bakal budidaya perairannya pun makanan olahan susu. Tetapi, dengan cara apa bersama Sego Tumpang? Pernahkah Kamu mendengarnya? Sego tumpang atau nasi tumpang yakni nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe busuk. Jangan Sampai kaget dahulu mendengar bahan baku utamanya, rasanya tak semengerikan kedengarannya.


untuk makanan ini dibuat secara menumbuk tempe busuk, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Selanjutnya direbus dan dikasih bumbu-bumbu bersama santan sampai matang. Tempe busuk ini sengaja dibusukkan dikarenakan dapat memberikan rasa khas kepada masakan tersebut. Rata-rata makanan ini disajikan dengan gudangan atau sayur-sayuran juga sebagai pelengkapnya.

Sego tumpang yang memang lah telah populer juga sebagai salah satu masakan jawa timur populer di daerah Boyolali merupakan Sego Tumpang Suprih yang terletak di Jalan Tentara Pelajar, Boyolali. Nyaris tiap-tiap pag,i warung yang terletak dipinggir jalan ini tak sempat sepi konsumen. Pembelinya pula berasal dari bermacam macam macam kalangan, sejak mulai dari anak-anak sampai dewasa.

Sumber Artikel : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar