Selasa, 21 Juni 2016

Ternyata Ini Perkiraan Berdirinya Candi Sambisari

Wisata Jogja - Ada suatu Candi Sambisari belum akan dijamin kala pembangunannya. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli arkeologi, ahli histori, ataupun tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DI Yogyakarta, tiada kepastian terdaftar kapan bangunan ini didirikan.


Dapat tapi, berdasarkan data dari catatan candi-candi di BPCB, ada sekian banyak perkiraan untuk tentukan kala pendiriannya. Perdana, berdasarkan pengamatan sisi arsitektur bangunan. Arkeolog R Soekmono menggolongkan Candi Sambisari ke dalam bangunan yang didirikan kepada abad 8 masehi. Ke-2, berdasarkan komponen batu bangunannya. Ahli histori Soediman menyebut bahwa Candi Sambisari diperkirakan dibangun terhadap abad 9 masehi atau sezaman terhadap Candi Prambanan.

dan ke-3, ada serta pengamatan lempengan emas yang ditemukan di area wisata di yogyakarta ini komplek candi tersebut. Perkiraan ini memanfaatkan tafsiran paleografis yang dilakukan oleh Boechari. Diperkirakan, bangunan candi berdiri terhadap abad 9 masehi. Di dalam lempengan tersebut terdapat tulisan "Om Siwa Sthana", yang artinya "Hormat, pelaksanaan hunian bagi dewa siwa."

Referensi : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar