Kamis, 16 Juni 2016

Mantapnya Brengkes Tempoyak, Sajian Pepes Enak Berbahan Durian

Makanan Khas Indonesia - Lezatnya tempoyak telah menjadi sektor ketajiran kuliner Jambi. Hasil olahan yang berupa fermentasi durian ini pula enak dimasak pepes. Tempoyak atau fermentasi daging durian ialah makanan ternama di Sumatera. Terutama Jambi, Palembang dan Lampung. Penjualnya paling tidak sedikit ditemui ketika masa durian. Olahan durian tersebut mempunyai bau menyengat. Teksturnya sendiri lembek bersama rasa sedikit asam. untuk menciptakan tempoyak, biasa dipilih durian masak pohon dan agak berair. Selanjutnya daging buah dihaluskan dan dikasih garam. Adonan dulu dimasukkan dalam stoples rapat dan didiamkan sewaktu 3-5 hri. Penggunaan garam mampu mempercepat proses fermentasi.


Makanan indonesia ini dapat disajikan sbg lauk dan pelengkap nasi. Terkecuali itu, tempoyak pula bakal dibuat sambal dan gulai. Salah satu sajian berbahan tempoyak yang tidak kalah enak merupakan brengkes atau pepes tempoyak. Mampu dibuat dari ikan patin, ikan nila atau udang. Buat kategori ikan patin, rata rata patin liar lebih enak. Diwaktu mampir ke Jambi, dapat coba brengkes tempoyak di restoran Duo Nenek. Lokasinya berada di Jl. Hayam Wuruk, tidak jauh dari Univeritas Batanghari. Restoran bersama hidangan rumahan tradisional Jambi ini punyai andalan brengkes tempoyak, ikan dalam buluh, dan teri tempoyak.

untuk resep masakan Duo Nenek dikreasikan Nurmaini dan adiknya, yang dimaksud bersama dua nenek. Sementara yang menjalankan merupakan anggota keluarga yang lain. Diwaktu ditemui sekian banyak ketika dulu, Nurmaini menuturkan kiat menciptakan brengkes tempoyak ikan. Mula-mula, ikan dicuci bersih. Setelah Itu untuk bumbu halus dari campuran kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai dan garam. Tumis bumbu tersebut.

Source : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar