Jumat, 17 Juni 2016

Mantapnya Sate Buntel Khas Solo

Kuliner Solo - Benar-benar waktu ini tak tidak sedikit yang tahu jika Solo pun mempunyai makanan khas berupa Sate Buntel. Sate unik ini terbuat dari cincangan daging kambing berbalut lemak slim yang serta-merta melumer kala dibakar. Lemaknya meresap sampai ke daging menciptakan rasanya hmm... empuk-empuk gurih yang makin dahsyat kala dicocol sambal kecap rawit! Diawal Mulanya aku cuma mendengar berkaitan kedahsyatan rasa sate buntel. Maklum sate khas Solo ini biarpun pass ternama di kota asalnya tapi tidak demikian tidak sedikit penjualnya di Jakarta. Sehingga kala berangkat ke Solo sekian banyak diwaktu dulu, aku juga tak membuang peluang mencicipi sate yang terbuat dari kambing jejaka cincang ini.


Kepada tengah malam itu di ruang makan solo hujan lumayan deras mengguyur kota Solo. Tetapi tidak menyuruntukan niat aku yang cepat menuju ke Jl. Sutan Syahrir di mana sate buntel paling kondang di Solo adalah Tambak Segaran berada. Hujan deras menciptakan pandangan pernah terhalang, maka hunian makan yang berdiri sejak 1948 tersebut pernah meleset dari pandangan. Penampilan hunian makan ini sesederhana menu-menu yang ditawarkannya. Buat menu penting ada sate buntel, sate daging kambing/ati, gule dan tongseng. Sedangkan minuman yang ditawarkan pun standar ada es teh manis/hangat dan es jeruk. Sayapun langsung memesan seporsi sate buntel, gule daging campur, dan es teh manis.

Bersama menu Es teh manis yang disajikan pernah menciptakan mata aku terbelalak. Pasalnya es teh tersebut disajikan dalam gelas gendut berukuran jumbo. Wah... pokoknya dipastikan gak butuh nambah minum! Sedangkan buat sate buntel sedang dipersiapkan untuk dibakar. Sate dari Solo ini benar-benar mempunyai keunikan rasa dan tampilan. Konon sate buntel Solo dipengaruhi oleh kuliner Arab. Bahan penting sate buntel berupa daging kambing yang dicincang dgn racikan bumbu sederhana seperti bawang dan merica. Setelah Itu daging dibuat bulatan panjang dan dibuntel (dibungkus) lemak kambing yang slim.

Sumber Artikel : http://halomuda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar